ja-cpanel-top
English (United Kingdom)Indonesia

EnamBelas Film Festival 2017

E-mail Print PDF

EnamBelas Film Festival telah Berakhir!

10 Desember 2017, EnamBelas Film Festival (16FF) tahun 2017 telah berakhir. Festival film kami helat bertepatan dengan kampanye global 16 Days of Activism against Gender Based Violence (16Days of Activism) dimulai pada setiap tanggal 25 November. Di Indonesia sendiri dikenal dengan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP). Festival filmpun kami buat dengan tema yang sesuai dengan kampanye tersebut meski tema yang kami usung lebih luas lagi.

Tujuan kami membuat festival film tak lain dan tak bukan adalah untuk mengkampanyekan penghapusan kekerasan berbasis gender dan seksual, salah satunya mendorong disahkannya Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual agar para wakil rakyat dan pemerintah dapat dengan serius mengawal proses legislasi payung hokum lex specialis tersebut.

Tak disangka EnamBelas FilmFestival mendapat sambutan yang luarbiasa dari publik. Pemutaran dan diskusi film sepanjang 16 Hari Kampanye ini diikuti oleh kot-kota lain di luar Jakarta antara lain; Bengkulu yang diorganisir oleh Yayasan PUPA, Jambi oleh PKBI & SIKOK JAMBI, Lampung oleh PKBI Lampung, Depok oleh mahasiswa BEM-FH Universitas Indonesia, Bandung oleh Layar Kita & Jakatarub, Yoygakarta oleh; PKBI Yogyakarta, Rifka Annisa & CD Bhetesda, Semarang & Salatiga oleh PKBI Jawa Tengah, Surabaya oleh PKBI Jawa Timur, Bali oleh LBH Bali, PKBI BALI, Taman Baca Kesiman & UMA Seminyak, Makassar oleh ARI Sulawesi Selatan & Komunis Sehati Makassar, Papua oleh PKBI Papua. Kami menyebut kota-kota ini sebagai Mitra Festival, dimana kami memfasilitasi mereka  dengan memberikan film-film yang diputar dalam EnamBelas Film Festival.

Sementara untuk pemutan utama festival ini digelar sepanjang 16 hari di Jakarta & Serpong antara lain; CineSpace Serpong, Art Society Kemang, Paviliun28, KIneForum TIM, Galeri Indonesia Kaya.

Festival ini juga didukung secara voluntary oleh para publik figure tang dengan sukarela menjadi ambassador dari EnamBelas Film Festival yakni Ananda Sukarlan, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Chicco Kurniawan, Hannah Al Rashid, Happy Salma, Karina Salim, Lukman Sardi, Putri Ayudya, Refal Hady, Reza Rahadian, Richard Kyle, Rio Dewanto, Tara Basro, Tatyana Akman dan Vivi Yip

Para sutradara & produser dari 16 film panjang dan 16 film pendek yang telah memberikan izin pemutaran film yang kami putar mulai dari Jakarta hingga Papua sepanjang festival adalah Abe Kusuma, Andri Cung, Dian Septi, Djenar Maesa Ayu, Ilun Chairunnisa,  Jason Iskandar, Joko Anwar, Kiki Febriyanti, Lasja Susatio, Lucky Kuswandi, Luhki Herwanayogi, Nia Dinata, Nurman Hakim, Orizon Astania, Pritagita Arianegara, Robby Ertanto, Sammaria Samanjuntak Sidi Saleh, UPI, Yuda Kurniawan & William Chandra.

Festival film ini juga terselenggara atas dukungan dari The Body Shop, Aliansi Satu Visi, Komnas Perempuan & Amartha. Kami juga bekerjasama dengan Cinema Indie & Art Space antara lain; Cinespace, Art Society Kemang, KineForum, Paviliun28 & Galeri Indonesia Kaya. Terimakasih juga untuk Kopi Kohlie & SAE Institute Jakarta. Media Partner yang tak lelah mewartakan kampanye ini Magdalene.co & Konde.co

Melalui tulisan singkat ini kami juga hendak menyampaikan rasa bahagia kami bahwa EnamBelas Filn Festival yang telah terselenggara sepanjang 16 hari di Jakarta dan kota-kota lainnya telah ditonton oleh 3179 penonton dengan total donasi untuk daerah Jakarta sebesar 4.014.000, total donasi yang kami dapatkan akan kami persembahkan kepada lembaga pendampingan kasus kekerasan seksual yakni Lembaga Bantuan Hukum (LBH) APIK Jakarta.

Kami tim EnamBelas Film Festival yang terdiri dari Jaringan #GerakBersama, Kalyanashira Films & 100% Manusia Film Festival berbahagia karena dapat melakukan upaya kecil untuk kampanye penghapusan kekerasan berbasis gender dan seksual melalui media film.

Pendiri dari EnamBelas Film Festival bercita-cita untuk membuat festival film ini menjadi festival film tahunan yang dapat diikuti oleh lebih banyak pihak lagi di tahun-tahun mendatang.

Saat ini platform media sosial yang kami miliki : Instagram @enambelasffest, FB Fanpage Enam Belas Film Festival dan twitter @enambelasffest akan tetap kami jadikan sebagai alat untuk  mengkampanyekan dan mempromosikan penghapusan kekerasan berbasis gender & seksual, anti-diskriminasi dan anti-kekerasan melalui media film.

Sekali lagi, kami sampaikan terimakasih atas dukungan dari berbagi kalangan!

Founder&Ambassador EnamBelas Film Festival


You are here: Home